Mengulas Rahasia Cara Menjadikan Kulit wajah dan Tubuh Halus serta Sehat

Berlangganan

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah - Setelah membahas tentang Cara Menghilangkan Bekas Luka, kali ini kita akan membahas tentang Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, karena kedua pembahasan tadi saling berkaitan erat dan berhubungan dengan kulit. Kulit yang sehat dan cerah adalah dambaan semua orang, terutama kalangan wanita. Masalah kulit yang sering muncul dan membuat tidak percaya diri seperti jerawat dan flek hitam. Flek merupakan noda atau bercak yang berwarna coklat kehitaman, terdapat di wajah akibat pigmentasi kulit yang berlebihan. Bila bentuk flek besar disebut melasma, bila bentuknya titik-titik disebut freckles atau ephelides. Selain di wajah flek juga bisa muncul di beberapa bagian tubuh.
Penyebab umum munculnya flek hitam di wajah karena factor keturunan, beberapa orang pada saat dewasa mempunyai bakat untuk muncul flek hitam pada wajah. Paparan sinar matahari, pemakaian obat hormonal seperti obat atau suntik KB, kehamilan, bekas jerawat, pemakaian obat antibiotic, antiepilepsi dan antiperadangan, pemakaian kosmetik yang mengandung merkuri dan asam salisilat akan menyebabkan kulit menjadi sangat sensitive sehingga dapat menyebabkan flek hitam.

Banyak produk pemutih yang tersedia di klinik kesehatan, selain harganya yang mahal juga mengandung bahan kimia yang pada akhirnya dapat membahayakan kulit kita. Alternatifnya untuk menghilangkan flek hitam di wajah yaitu menggunakan bahan yang alami, selain murah dan mudah dengan cara alami tidak memiliki efek samping yang berbahaya.
Untuk menghilangkan flek hitam secara alami tentunya tidaklah cepat dan mudah. Dibutuhkan ketekunan dalam merawat wajah sehari-hari yang tentunya disesuaikan dengan jenis kulit normal, berminyak, kering/sensitive.

Cara Menghilangkan flek hitam dengan buah pepaya
Pepaya mengandung enzim papain yang mengeksfoliasi kulit, sehingga mendorong produksi sel-sel baru dan kulit kita akan tampak lebih segar, selain itu pepaya juga mengandung enzim tirosinane yang menghambat pembentukan melamin yaitu sel kulit penghasil pigmen. Pepaya yang paling banyak mengandung enzim papain yaitu pepaya yang masih hijau, enzim papain terdapat dalam getah pepaya. Namun apabila kita menggunakannya akan terasa sedikit menyengat bila diterapkan ke kulit. Pepaya matang juga baik digunakan. Tinggal kita mau memilih yang mana.
Cara penggunaannya yaitu lembutkan buah pepaya sampai menjadi bubur, gosokkan pada daerah yang terkena flek hitam. Krim ini juga dapat dipadukan dengan perasan air jeruk nipis. Biarkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Selain buahnya, kulit pepaya juga dapat bermanfaat untuk scrub lutut dan siku yang berfungsi untuk memutihkannya. Selain untuk flek hitam buah pepaya juga berfungsi untuk menghilangkan jerawat.

Cara Menghilangkan flek hitam dengan lemon
Lemon mengandung asam sitrat yang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Asam sitrat membantu meluruhkan sel-sel kulit mati, dan membantu pertumbuhan sel-sel baru dan mencerahkan kulit. Lemon bermanfaat untuk meredakan masalah flek hitam di wajah, bintik-bintik penuaan, bekas jerawat, serta keriput. Saat menggunakannya mungkin kulit terasa sedikit terbakar, kesemutan, perih, dan kemerahan sementara pada kulit.
Cara penggunaannya yaitu siapkan lemon dan kapas. Kemudian peras lemon dan ambil airnya. Celupkan kapas pada air lemon dan usapkan pada wajah kita. Diamkan hingga mengering. Setelah kering bilas dengan air bersih. Jangan berada di bawah sinar matahari langsung terlebih dahulu setelah menggunakan ramuan ini karena kulit masih sangat sensitive.

Cara Menghilangkan flek hitam dengan kentang
Kentang kaya akan vitamin dan mineralnya, seperti asam lemak esensial (vitamin E), vitamin C, vitamin B komplek, kalium, magnesium, kalsium, fosfor, dan seng. Kentang berfungsi merangsang pembentukan kolagen dan elastin sistesis kulit. Vitamin C yang berasal dari kentang berfungsi untuk mengelupaskan sel-sel mati sehingga dapat mengurangi flek hitam.
Cara penggunaannya yaitu parutlah buah kentang, dan tambahkan sedikit air.kemudian peras kentang tadi dan ambil airnya. Tambahkan dengan beberapa tetes jeruk nipis dan setengah sendok madu. Lalu usapkan pada daerah yang terkena flek hitam di wajah kita. Biarkan hingga 20 menit kemudian bersihkan.

Cara Menghilangkan flek hitam dengan kulit semangka
Semangka kaya akan serat, vitamin A, B dan C. Semangka yang manis dan dingin dapat melepas dahaga dan membuat tubuh kita terasa segar kembali. Namun untuk flek hitam di wajah kita, kita cukup menggunakan kuit semangkanya saja.
Caranya yaitu ambil kulit semangka, gosokkan bagian dalam kulit semangka pada wajah sehingga sari semangka akan meresap ke kulit kita. Lakukanlah selama beberapa menit kemudian diamkan. Lalu bilas dengan air hingga bersih. Kita dapat melakukannya 2-3 kali dalam seminggu.

Untuk kesempurnaan dalam mengatasi flek hitan, kombinasikan perawatan sehari-hari diatas dengan konsultasi ke dokter ahli kecantikan medis sehingga perawatan bisa disesuaikan dengan jenis kulit dan berat ringan keluhan flek kamu saat ini.
Sekian dulu pembahasan tentang Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, semoga bermanfaat ya...