Mengulas Rahasia Cara Menjadikan Kulit wajah dan Tubuh Halus serta Sehat

Berlangganan

Masker Dari Tepung Beras

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang cara memutihkam kulit wajah dengan berbagai bahan-bahan alami seperti dengan masker kopi, masker madu, masker teh, dll. Pada kesempatan kali ini ada alternative lain untuk memutihkan wajah, sekaligus untuk mencegah penuaan, menghilangkan bekas luka, dan menghilangkan flek hitam. Begitu banyaknya manfaat yang terkandung dalam bahan yang sangat mudah sekali diperoleh ini, dan tentunya selalu ada didapur kita, karena ini adalah saah satu bahan makanan pokok untuk kita semua, yakni beras. Beras ini dapat diolah menjadi masker beras yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit kita. Tak hanya untuk kulit wajah, untuk kulit tubuh pun sangat bermanfaat sekali. Nah kita akan membahas tentang cara pembuatan masker beras.


Kandungan Beras untuk Kulit
Beras merupakan salah satu padi-padian paling penting di dunia untuk dikonsumsi manusia. Diantaranya ada varian beras putih, beras merah dan beras hitam. Dari setiap butiran beras ini mengandung berbagai macam zat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Beras memiliki kandungan flavonoid yang didalamnya mengandung antosianin. Flavonoid ini merupakan salah satu jenis pholiphenol yang merupakan salah satu senyawa antioksidan yang dipercaya dapat menghambat penuaan, menghaluskan kulit, menghilangkan flek hitam dan bekas luka atau jerawat. Selain itu ternyata beras memiliki struktur yang sama dengan ceramide, yaitu suatu molekul lipid (lemak) yang bertanggung jawab untuk menyempurnakan proses regenerasi sel-sel kulit, sehingga kulit akan menjadi lebih segar, bersih, dan lebih putih tentunya. Beras juga mengandung vitamin B yang selalu ada dalam kandungan produk kosmetik pemutih kulit. Kandungan seleniumnya merupakan bagian esensia dari enzim glutation peroksidase. Enzim ini berperan sebagai katalisator atau bahan yang bisa mempercepat terjadinya proses pemecahan peroksida menjadi ikatan yang tidak bersifat toksin-peroksida. Sehingga kandungan selenium ini dipercaya bisa mencegah terjadinya proses penuaan dini. Nah seputar kandungan beras sudah kita ketahui dan kita ulas. Ternyata begitu banyak kandungan beras yang sangat bermanfaat untuk kita. Oleh karena itu beras dapat kita jadikan lulur dan masker,. Berikut akan kita bahas satu persatu.

Cara Pembuatan Lulur dan Masker
Beras untuk Lulur/Scrub Tubuh
Beras yang telah diblender atau dihaluskan tentunya masih memiliki tekstru yang sedikit kasar, nah sifat inilah yang akan dimanfaatkan untuk mengelupaskan sel kulit mati sehingga akan membantu proses regenerasi kulit sehingga berganti menjadi kulit yang lebih muda dan sehat.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan yaitu 3 sendok makan tepung beras, 3 ruas kunyit seukuran ibu jari dan 2 ruas kencur seukuran ibu jari. Cara penggunaannya yaitu campur dan haluskan semua bahan tadi. Bisa ditambahkan air hangat jika terlalu kental hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian lumurkan ramuan lulur kesekujur tubuh sambil digosok-gosokkan. Kemudian diamkan hingga kering. Bilas tubuh dengan air hangat. Kemudian berendamlah dalam air hangat yang diberi bunga mawar, melati dan irisan daun pandan serta beberapa tetes minyak aroma terapi, dijamin badan makin rileks dan siap menjalani aktifitas baru.

Beras untuk Masker
Kandungan beras yang telah diulas diatas tadi dapat dimanfaat untuk membuat masker yang akan membuat kulit kita menjadi bebas kerutan, flek hitam, noda, dan tentunya memutihkan karena beras membantu pengelupasan kulit kita.

Bahan yang perlu dipersiapkan yakni (resep satu) 2 sendok makan tepung gandum, 100 mL air, 2 sendok makan tepung beras, 1 sendok the sari cuka apel. Cara pembuatannya yakni campurkan semua bahan hingga berbentuk pasta, kemudian bersihkan wajah dan oleskan masker ke area wajah secara merata. Berikan sedikit pijatan ringan samba digososk-gosokkan perlahan, kemudian biarkan hingga kering. Bias dengan air dan keringkan dengan handuk.
(resep dua) 1 butir putih telur, tepung beras secukupnya dan perasan air jeruk nipis atau jeruk lemon. Cara pembuatannya yaitu campurkan semua bahan hingga berbentuk seperti pasta, kemudian bersihkan wajah dan oleskan masker ke area wajah hingga merata. Kemudian tunggu hingga setengah kering kemudian beri sedikit pijatan pada wajah dan gosokkan perlahan. Lalu bilas dengan air hangat lalu dengan air biasa. Keringkan dengan handuk.

Sangat mudah dan simple bukan, oh iya bahan-bahan tadi dapat digunakan lagi apabila belum habis. Cara penyimpanannya cukup menempatkan olahan lulur atau masker dalam wadah tertutup lalu simpan dalam kulkas. Demikian sedikit ulasan tentang cara membuat lulur dan masker dari beras. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.