Mengulas Rahasia Cara Menjadikan Kulit wajah dan Tubuh Halus serta Sehat

Berlangganan

Manfaat masker kopi

Pada artikel ini kita akan mengupas tuntas apa saja Manfaat masker kopi. Di dalam postingan-postingan sebelumnya kita telah banyak membahas tentang masker atau scrub yang dapat menghaluskan kulit, menghilangkan bekas luka dan menghilangkan flek hitam dengan cara yang alami tanpa efek samping. Kulit merupakan saah satu bagian terpenting dari tubuh kita, selain merupakan salah satu dari panca indra yang berfungsi sebagai indra peraba, kulit juga merupakan bagian terpenting untuk dijadikan sebagai perhiasan, karena kulit cantik, sehat, halus dan mulus adalah dambaan setiap orang terutama kaum wanita. Apabila kulit kita dekil atau kusam tentunya rasa percaya diri kita juga menjadi turun dan tentunya tak akan ada yang tertarik dengan kita. Oleh karena itu perawatan kulit pun selalu dilakukan mulai dari memakai hand & body lotion, melalukan perawatan spa, dll yang memakan biaya cukup mahal. Tentunya perawatan tersebut belum dikatakan cukup aman karena belum tentu menggunakan bahan yang aman dan bebas dari bahan kimia. Selain dengan cara tradisional tanpa memberikan efek samping yang berbahaya. tentunya juga akan lebih murah biayanya karena semua bahan sudah ada disekitar kita. Salah satunya yaitu dengan cara membuat masker dan scrub alami dari kopi.


Kopi merupakan salah satu minuman yang sangat digemari oleh kaum pria maupun wanita. Minuman kopi ini konon bisa mengurangi rasa kantuk, hal ini dapat terjadi karena kandungan kafein yang ada dalam kopi bekerja dalam tubuh dengan mengambil alih reseptor adenosine dalam sel syaraf yang akan memacu produksi hormone adrenalin.
Kopi juga memiliki banyak manfaaat yang baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Penelitian telah dilakukan untuk mengidentifikasinya. Kopi  memiliki kandungan kafein yang sangat baik untuk kulit. Kopi bahkan limbah kopi (ampas kopi) dipergunakan sebagai bahan dalam sejumlah scrub/ lulur untuk memberikan efek lembut pada kulit.  Sehingga kopi memiliki nutrisi yang baik untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan mencegah kerusakan kolagen atau zat elastin yang menyebabkan keriput pada kulit. Kafein yang merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam ampas kopi adalah 1-1,5% yang dapat bertindak selaku vasorestrictor  yang berarti mengencangkan dan mengecilkan pembuluh darah . Ampas kopi adalah bahan yang murah dan mudah didapatkan serta dapat digunakan untuk kecantikan, bahkan dapat digunakan untuk mengurangi kadar ammonia nitrit dan nitrat dalam limbah cair industri tahu.
Ampas kopi memiliki aroma yang khas dan tajam.  Kopi juga mempunyai banyak khasiat untuk kecantikan kulit (menghaluskan kulit, menghilangkan flek hitam, menghilangkan bekas luka) dari sejak jaman nenek moyang telah menggunakan kopi sebagai bahan baku lulur tradisional. Selain kafein ampas kopi juga menghasilkan minyak antioksidan yang bersifat menghaluskan kulit.
Oh iya, ampas kopi dapat diperoleh setelah kita menyeruput habis air kopi. Jadi tidak terbuang sia-sia bukan ampasnya.
Selain ramuan dengan ampas kopi, juga dapat ditambahkan dengan bubuk kedelai. Bubuk kedelai atau kedelai ini mengandung senyawa isoflavon. Isoflavon adalah senyawa polifenol yang dapat memperlihatkan peranan hormon esterogen, sehingga seringkali disebut sebagai “fitoesterogen”, yaitu senyawa yang mempunyai aktifitas estrogenik tetapi berasal dari tanaman. Isoflavon juga mempunyai kemampuan sebagai antioksidan untuk mencegah penuaan dini.
Perpaduan yang menakjubkan bukan jika khasiat kopi berpadu dengan bubuk kedelai yang juga kaya manfaat untuk kecantikan kulit kita.
Perlu diketahui  sebelumnya jika menggunakan bahan tradisional kita mesti melakukan perawatan secara rutin dan tentunya hasil yang diperoleh tidak instan, namun perlu waktu. Apabila anda kurang cocok atau kulit anda terlalu sensitif  bisa menggunakan bahan tradisional lain seperti masker dari putih telur, masker dari buah alpukat. Untuk langkah-langkah membuat masker dan scrub alami dari kopi yaitu:
  • Ambillah 2 sendok makan kopi hitam dan seduh dengan air mendidih. 
  • Tunggu hingga hangat-hangat kuku dan pisahkan ampas dan airnya (Jika anda penikmat kopi sebaiknya sruput saja air kopinya). 
  • Kemudian balurkan ampas kopi tadi ke seluruh wajah atau badan dengan gerakan memutar.
  • Kemudian diamkan hingga kering dan basuhlah dengan air dingin, lalu keringkan dengan handuk lembut dengan cara ditepuk-tepuk jangan diusap karena kulit masih sensitive.
  • Jika ingin menambahkannya dengan bubuk kedelai campurkan ampas kopi tadi dengan 2 sendok makan bubuk kedelai dan beri sedikit air hingga terbentuk pasta, dan lakukan proses scrup dan pemijatan.
Ini merupakan resep lulur dengan kopi dan ampas kopi yang bisa kita manfaatkan menjadi masker. Jadi membuat masker wajah alami dari kopi sangatlah mudah dan menyenangkan bukan. Apalagi bagi penikmat kopi selain nikmatnya rasa kopi juga ampasnya pun bermanfaat. Semoga artikel tentang Manfaat Kopi untuk Kulit dan Wajah bisa bermanfaat bagi para pembaca ya.