Mengulas Rahasia Cara Menjadikan Kulit wajah dan Tubuh Halus serta Sehat

Berlangganan

Khasiat Coklat untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit || Masker Coklat ||

Kulit merupakan asset paling luar dari tubuh yang harus dijaga, karena untuk menunjang penampilan sehingga tingkat percaya diri kita akan naik 100%. Kulit yang bersih, mulus, halus akan menimbulkan kesan kalo kita merawat diri kita sendiri, apalagi untuk orang lain tentunya kita harus lebih care kan karena pepatah bilang ”cintailah dirimu sendiri sebelum mencintai orang lain”. Nah kalau sudah gitu efek dari perawatan rutin yang kita lakukan akan menimbulkan hal yang akan kita suka karena kita juga akan senang setelah melihat kulit kita sehat yang merupakan hasil jerih payah kita yang menyenangkan. Ya menyenangkan karena merawat diri itu merupakan pekerjaan yang menyenangkan sekaligus akan memanjakan kita. Apalagi merawatnya dengan bahan-bahan tradisional atau bahan natural yang tentunya bebas dari bahan kimia sehingga tidak akan menimbukan efek dikemudian hari. Nah salah satu bahan tradisional yang berfungsi menjaga kesehatan dan kecantikan kulit adalah coklat. Khasiat coklat untuk kesehatan dan kecantikan kulit akan dibahas dan diulas secara lebih detail sekarang. Yuk mari kita simak tentang penjelasan khasiat coklat untuk kesehatan dan kecantikan kulit.
 
Khasiat Coklat untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit
Coklat dengan kandungan kakao (biji coklat) lebih dari 70% memiliki manfaat untuk kesehatan karena coklat kaya akan kandungan antioksidan yaitu fenol dan flavonoid. Adanya antioksidan berfungsi untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh. Besarnya kandungan antioksidan ini bahkan 3 kali lebih banyak dari teh hijau, minuman yang selama ini sering dianggap sebagai sumber antioksidan. Adanya antioksidan membuat coklat menjadi salah satu minuman kesehatan. Fenol, sebagai antioksidan mampu mengurangi kolesterol pada darah sehingga dapat mengurangi risiko terkena serangan jantung, mencegah timbulnya kanker dalam tubuh, mencegah terjadinya stroke dan darah tinggi. Selain itu kandungan lemak pada coklat kualitas tinggi terbukti bebas kolesterol dan tidak menyumbat pembuluh darah. Antioksidan dalam coklat juga berfungsi untuk mencegah penuaan dini, menghilangkan flek hitam, memutihkan kulit, karena membantu untuk meregenerasi kulit kita, sehingga timbulah kuit baru yang lebih sehat dan bersih.
Coklat juga mengandung beberapa vitamin yang berguna bagi tubuh seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin C, vitamin D, dan vitamin E. Selain itu, coklat juga mengandung zat maupun nutrisi yang penting untuk tubuh seperti zat besi, kalium dan kalsium. Cokat  juga merupakan sumber magnesium alami tertinggi. Jika seseorang kekurangan magnesium, dapat menyebabkan hipertensi, penyakit jantung, diabetes, sakit persendian dan masalah bulanan wanita yaitu pra menstruasi (PMS). Dengan makan coklat akan menambah magnesium dalam asupan gizi harian sehingga meningkatkan kadar progesteron pada wanita dan ini akan mengurangi efek negative dari PMS. Kandungan vitamin E dan vitamin lainnya pada coklat akan membantu proses peremajaan kulit dan menjaga kesehatan kuit agar terhindar dari minyak berebih yang merupakan penyebab timbulnya jerawat dan komedo yang tentunya akan mengganggu penampilan kita.
Kandungan lain coklat seperti theobromine berfungsi untuk menstimulus hati, relaksasi pada otot halus dan melancarkan aliran darah. Theobromine juga berguna untuk mengatasi sakit pada dada, tekanan darah tinggi, dan menguatkan arteri. Oleh karena itu senyawa theobromin sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit dan tubuh kita, kulit yang cantik juga akan terpancar apabila kita sedang tidak strees.

Cara Membuat Masker Coklat
Coklat merupakan bahan yang mudah didapat dan semua orang suka sama rasa dan baunya yang enak. Selain dimakan coklat ini juga bisa dijadikan masker untuk mempercantik dan menyehatkan kulit kita, yuk mari kita simak cara membuat masker coklat ini:
Siapkan batang coklat yang akan digunakan untuk membuat masker. Coklat batang bisa diperoleh di toko-toko bahan kue, apabila tidak ada bisa menggunakan coklat bubuk. Kemudian lelehkan coklat batang secukupnya dengan cara masukkan coklat batang dalam gelas kaca kemudian masak air dengan panci dan letakkan gelas berisi coklat batang tadi diatasnya, sambil diaduk hingga coklatnya leleh, bila tidak coklat akan gosong dibagian bawahnya. Setelah meleleh kemudian balurkan coklat di seluruh wajah dan bagian kulit yang kita inginkan dan tunggu hingga kering. Lalu bilas dengan air hangat dan lanjutkan dengan air dingin.
Nah mudah kan, yuk mari kita rawat tubuh kita dengan  bahan-bahan tradisional yang kaya khasiat seperti coklat ini. Sekian dulu pembahasan tentang khasiat coklat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Semoga bermanfaat.